Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata
Pelajaran : Akidah
Akhlak
Kelas/Semester
: I/1
Pertemuan
: 1 dan 2
Alokasi
Waktu : 4 jam
pelajaran
Standar
Kompetensi : Mengenal rukun iman
I. Kompetensi
Dasar
Menghafal
enam rukun iman
II. Indikator
1.
Mampu memahami pengertian iman
2.
Mampu menyebutkan enam rukun iman
3.
Mampu menghafal enam rukun iman
4.
Mampu menyatakan perasaan beriman kepada Allah, malaikat, kitab,
rasul,
hari akhir, dan takdir
III. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami pengertian enam rukun iman.
2.
Siswa dapat menyebutkan enam rukun iman.
3.
Siswa dapat menghafal enam rukun iman.
4.
Siswa dapat meyakini enam rukun iman.
IV. Materi Ajar
Rukun
iman
V. Metode
Belajar
1.
Penjelasan
2.
Tanya jawab
3.
Bernyanyi
4.
Diskusi
VI. Sumber
Belajar
1.
Buku Akidah dan Akhlak MI Kelas I terbitan
PT Karya Toha Putra,
2008
2.
Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
3.
Buku-buku lain yang relevan
VII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1.
Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan doa bersama.
2.
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai
kompetensi
dasarnya.
B. Kegiatan
Inti
1.
Guru mengenalkan enam rukun iman. Guru dapat mengenalkannya
melalui lagu/nyanyian.
2.
Guru memberikan penjelasan tentang rukun iman. Guru memberikan
alasan
pembuktian yang sederhana tentang iman kepada Allah.
3.
Guru menyebutkan nama malaikat beserta tugasnya. Guru bisa
mengenalkannya
lewat nyanyian/lagu.
4.
Guru menyebutkan kitab Allah beserta rasul yang menerimanya.
5.
Guru menyebutkan 25 nabi. Guru bisa mengenalkannya lewat lagu/
nyanyian.
6.
Guru menjelaskan tentang hari kiamat dan takdir Allah beserta
hikmah
mengimaninya.
7.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan
mengenai hal-hal yang belum jelas.
8.
Guru memberi pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh
mana pemahaman siswa terhadap materi
yang diajarkan
9.
Siswa mempraktikkan menghafal enam rukun iman dengan benar.
C. Kegiatan
Akhir
1.
Siswa menyebutkan enam rukun iman dengan benar.
2.
Siswa menyebutkan malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan rasul-rasul
Allah dengan benar.
3.
Siswa membuat kesimpulan tentang hari kiamat dan takdir Allah.
4.
Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran di rumah masingmasing.
5.
Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa
bersama.
VIII. Penilaian
A.
Tes Lisan
1.
Siswa diminta menghafal enam rukun iman, nama-nama malaikat
beserta tugasnya, dan macam-macam kitab
Allah beserta nabi yang
menerimanya.
2.
Siswa diminta menjelaskan tentang hari kiamat dan takdir Allah.
B. Tes Tertulis
Guru
memberikan soal secara tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.
Soal
dapat berupa pilihan, isian, atau essay.
C. Tes
Perbuatan
Siswa
diminta bisa meyakini enam rukun iman dan mempraktikkannya
dalam
kehidupan sehari-hari.
Kunci Pelajaran
1 (Rukun Iman)
A. Pilihan
Ganda
1. c 6. a 11.
c
2. a 7. b 12.
a
3. a 8. c 13.
c
4. c 9. a 14.
c
5. c 10. b
15.
B. Essay
1. hari
hancurnya alam semesta
2. Malaikat Jibril,
Izrail, dan Israfil (siswa dapat menjawab nama malaikat
yang
lain)
3. utusan
Allah
4. Nabi Musa
a.s., Nabi Dawud a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad
saw.
5.
menyampaikan wahyu Allah kepada umat manusia
6. takdir
7. usaha
untuk mengubah keadaan
8. keadaan
pada hari kiamat: bumi hancur lebur, gunung meletus dan gunung
beterbangan,
laut meluap, matahari sangat dekat dengan bumi sehingga
terasa
terik, serta semua kehidupan menjadi mati
9. untuk
dimintai pertanggungjawabannya selama di dunia
10. karena
Allah adalah Tuhan yang telah menciptakan kita dan alam semesta
ini
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran