Kamis, 21 Februari 2013

RPP AQIDAH AKHLAQ


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran             : Akidah Akhlak
Kelas/Semester                         : I/1
Pertemuan                    : 1 dan 2
Alokasi Waktu             : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Mengenal rukun iman
I. Kompetensi Dasar
Menghafal enam rukun iman
II. Indikator
1. Mampu memahami pengertian iman
2. Mampu menyebutkan enam rukun iman
3. Mampu menghafal enam rukun iman
4. Mampu menyatakan perasaan beriman kepada Allah, malaikat, kitab,
                 rasul, hari akhir, dan takdir
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami pengertian enam rukun iman.
2. Siswa dapat menyebutkan enam rukun iman.
3. Siswa dapat menghafal enam rukun iman.
4. Siswa dapat meyakini enam rukun iman.
IV. Materi Ajar
Rukun iman
V. Metode Belajar
1. Penjelasan
2. Tanya jawab
3. Bernyanyi
4. Diskusi
VI. Sumber Belajar
1. Buku Akidah dan Akhlak MI Kelas I terbitan PT Karya Toha Putra, 2008
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
3. Buku-buku lain yang relevan

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan doa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai
kompetensi dasarnya.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengenalkan enam rukun iman. Guru dapat mengenalkannya
melalui lagu/nyanyian.
2. Guru memberikan penjelasan tentang rukun iman. Guru memberikan
alasan pembuktian yang sederhana tentang iman kepada Allah.
3. Guru menyebutkan nama malaikat beserta tugasnya. Guru bisa
mengenalkannya lewat nyanyian/lagu.
4. Guru menyebutkan kitab Allah beserta rasul yang menerimanya.
5. Guru menyebutkan 25 nabi. Guru bisa mengenalkannya lewat lagu/
nyanyian.
6. Guru menjelaskan tentang hari kiamat dan takdir Allah beserta
hikmah mengimaninya.
7. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
8. Guru memberi pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh
mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan
9. Siswa mempraktikkan menghafal enam rukun iman dengan benar.
C. Kegiatan Akhir
1. Siswa menyebutkan enam rukun iman dengan benar.
2. Siswa menyebutkan malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan rasul-rasul
Allah dengan benar.
3. Siswa membuat kesimpulan tentang hari kiamat dan takdir Allah.
4. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran di rumah masingmasing.
5. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa
bersama.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
1. Siswa diminta menghafal enam rukun iman, nama-nama malaikat
beserta tugasnya, dan macam-macam kitab Allah beserta nabi yang
menerimanya.
2. Siswa diminta menjelaskan tentang hari kiamat dan takdir Allah.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan soal secara tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.
Soal dapat berupa pilihan, isian, atau essay.
C. Tes Perbuatan
Siswa diminta bisa meyakini enam rukun iman dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Pelajaran 1 (Rukun Iman)
A. Pilihan Ganda
1. c 6. a 11. c
2. a 7. b 12. a
3. a 8. c 13. c
4. c 9. a 14. c
5. c 10. b 15.
B. Essay
1. hari hancurnya alam semesta
2. Malaikat Jibril, Izrail, dan Israfil (siswa dapat menjawab nama malaikat
    yang lain)
3. utusan Allah
4. Nabi Musa a.s., Nabi Dawud a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad
    saw.
5. menyampaikan wahyu Allah kepada umat manusia
6. takdir
7. usaha untuk mengubah keadaan
8. keadaan pada hari kiamat: bumi hancur lebur, gunung meletus dan gunung
    beterbangan, laut meluap, matahari sangat dekat dengan bumi sehingga
    terasa terik, serta semua kehidupan menjadi mati
9. untuk dimintai pertanggungjawabannya selama di dunia
10. karena Allah adalah Tuhan yang telah menciptakan kita dan alam semesta
      ini


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar